BPBD Simulasi Kebakaran Kilang Minyak

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Potensi pertumbuhan industri minyak di Kabupaten Tuban tidak dipungkiri ancaman kegagalan produksi ataupun bencana yang mengintai. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban melakukan simulasi pemadaman kebakaran kilang minyak, Rabu (29/3/2017).

Berlangsung di alun-alun Kabupaten Tuban, Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiyono menjelaskan simulasi kali ini bertepatan memperingati hari jadi Pemadam Kebakaran (Damkar) ke 98. Selain itu, simulasi pemadaman kebakaran yang menampilkan replika kilang minyak lengkap dengan tangki minyak dan beberapa mobil damkar.

"Simulasi damkar sengaja dipilih kilang minyak, sebab dari segi potensi resiko paling besar," kata Joko kepada awak media blokTuban.com.

Pertama-tama titik api muncul dari replika kilang minyak yang berbahan kayu dan kertas menyerupai kilang. Lantas di dalamnya terdapat beberapa tangki minyak yang disulut api.

Tidak tinggal diam, personil damkar kemudian menyemprotkan air ke pusat api. Pemadaman api yang berkaitan dengan minyak, tidak cukup mengandalkan air. Simulasi pemadaman kali ini menggunakan foam atau semacam busa sabun yang mampu mengikat unsur minyak.

"Nantinya simulasi​ ini kaan dikoordinasikan dan disinergikan dengan perusahaan minyak di Tuban untuk memberi pengetahuan pada warga terkait potensi bencana industri minyak," kata Joko menambahkan.[dwi/ito]