Peduli Sampah, Acatara Trust Center Edukasi Masyarakat

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Problematika sampah di Kabupaten Tuban menjadi permasalahan klasik. Sebab itu, bank sampah Acatara Trust Center (ACT) wilayah III melakukan aksi peduli sampah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, Senin (27/3/2017).

Ketua bank sampah ACT, Ja'far Shodiq Al Arif, bersama anggota lainnya mengkampanyekan aksi  peduli sampah dengan melaksanakan deklarasi sampah  ACT bersama masyarakat. Bertempat di lapangan Kecamatan Plumpang, mereka memungut sampah berkeliling dari rumah ke rumah masyarakat sekitar. Selain itu,  kegiatan memungut sampah tersebut diiringi barongsai dari Padepokan Segoro Lor wilayah setempat.

"Sebenarnya Hari Peduli Sampah Nasional diperingati 21 Februari lalu, namun kami mengadakan sekarang sekaligus melakukan deklarasi peduli sampah," kata Ja'far.

Ja'far menambahkan, bank sampah yang merupakan bagian wilayah III Tuban ini membawahi beberapa kecamatan di wilayah bantaran Bengawan Solo dari Soko hingga Widang. Dalam aksi peduli sampah, sampah yang didapat dari masyarakat mencapai dua gerobak angkut.

"Kita belum masuk wilayah pasar, karena pasti jumlah sampah lebih banyak dan kita belum memiliki alat pengolahaannya, seperti komposter dan lainnya," imbuhnya kepada blokTuban.com.

Sejumlah masyarakat turut menyedekahkan sampah rumah tangga mereka. Beberapa sampah sebagian besar merupakan anorganik yang dapat diolah kembali yang memiliki nilai tambah. [dwi/col]