Warga Sumber Gotong Royong Dirikan Madin

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puluhan warga Dusun Sumber, Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo, Tuban bergotong royong membangun Madrasah Diniyah (Madin), Minggu (26/3/2017). Lembaga pendidikan agama tersebut menurut tokoh masyarakat setempat dibangun dengan dana swadaya.

"Tiang bangunan dari kayu yang digunakan juga dari pemberian warga setempat," ujar Lilik Afifi (40) selaku inisiator.

Menurut dia, Madin yang diberi nama Al-Ikhlas itu lembaga pendidikan agama yang dibangun pertama di Dusun Sumber. Sebab, musala yang sebelumnya digunakan sehari-hari untuk kegiatan belajar mengajar ilmu agama sudah tidak muat, sedang santri terus bertambah.

Dijelaskan Lilik, sapaan akrabnya, dengan dibangunnya gedung Madin berukuran 6X14 meter, anak-anak di wilayah setempat bisa merasa nyaman mengenyam ilmu agama. Ia juga berharap, kualitas moral generasi penerus meningkat dengan pendidikan yang didapat.

"Bangunan madin ini baru pertama kalinya di Dusun Sumber, karena selama ini ada 80 lebih anak yang belajar di musala sebelah bangunan Madin," imbuhnya.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, para bapak kompak bekerja sesuai porsinya masing-masing. Sementara ibu-ibu sibuk mendirikan dapur umum guna melayani warga yang bergotong royong membangun Madin. [rof/rom]

 madin-2

madin

madin-3