Aktivis Tuban Gelar Doa di Taman Pahlawan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Solidaritas Masyarakat Tuban Peduli Kendeng (SMTPK) menggelar doa bersama di area Makam Pahlawan Tuban, Sabtu (25/3/2017).

Aksi solidaritas yang dilakukan tepat di depan pintu makam di jalan Pahlawan ini dihadiri sekitar 20 aktivis lingkungan. Mereka duduk berkeliling dengan menghidupkan lilin tanda khidmat memanjatkan doa untuk Yu Patmi. Petani perempuan yang meninggal saat melakukan aksi cor kaki di Istana Republik Indonesia, lantaran menolak pendirian pabrik semen di Rembang.

"Kami datang. Kami datang dari seluruh penjuru setiap penghalang revolusi, kami terjang kami terjang". Itulah yang dilontarkan almarhumah bu Patmi yang berjuang sampai akhir hayatnya memperjuangkan Tolak Semen di pegunungan Kendeng demi terwujudnya Kendeng Lestari," kata koordinator aksi, Tolibin.

Melalui doa bersama ini, Tolibin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membuka hati. Sebab menurutnya, berdirinya pabrik semen dapat membuat petani menderita.

"Mari kita semua satukan kembali kekuatan rakyat sebagai pendobrak, penghancur tirani dan merobohkan kekuasaan yang menghianati rakyat. Kelak sejarah akan menulis. MERDEKA!," ujarnya.

Dia menambahkan, pegunungan Kendeng adalah Kawasan Karst. Menurutnya, pegunungan yang terbentuk pada masa Meosen Tengah-Meosen Atas atau kurang lebih 25 juta tahun yang lalu, berdasarkan skala waktu geologi tersebut merupakan lipatan perbukitan yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati.

Fenomena karst di pegunungan Kendeng Utara ini tercermin melalui banyaknya bukit-bukit kapur kerucut, munculnya mata-mata air pada rekahan batuan, mengalirnya sungai-sungai bawah tanah dengan lorong goa sebagai koridornya.

Dia mengungkapkan, pegunungan Kendeng Utara adalah sejarah asal mula orang Jawa. Seperti yang diceritakan dalam buku “Sejarah Kawitane Wong Jawa lan Wong Kanung” yang tertulis dalam bahasa Jawa. "Inilah sejarah nenek moyang kita," tandasnya.

Selain itu, dia juga meminta agar pendirian pabrik semen di Tuban dapat ditinjau kembali. "Kabarnya, akan ada dua pabrik semen yang akan berdiri di Tuban. Yakni, pabrik semen Unimen dan Semen Abadi. Dua semen ini sedang mengajukan izin," tutupnya. [dwi/rom]

 kendeng