Tingkatkan Kinerja Lembaga, Kecamatan Kenduruan Gelar Lomba RT
Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Upaya peningkatan kinerja kelembagaan desa, Kecamatan Kenduruan menggelar lomba Rukun Tetangga (RT). Penilaian lomba tingkat RT dilakukan dengan berbagai cara yang terhimpun pada empat indikator.
 
Camat Kenduruan, Hendro Basuki kepada blokTuban.com mengatakan, lomba yang diikuti sembilan desa tersebut dinilai berdasarkan kelembagaan dan partisipasi warga, kawasan lingkungan, administrasi RT, serta keamanan dan ketertiban.
 
"Kegiatan penilain masing-masing desa akan dinilai tim sesuai indikator tersebut, sehingga kelembagaan termotivasi meningkatkan kinerjanya," ujar Camat, saat dikonfirmasi, Senin (27/3/2017).
 
Penilaian lomba yang bertajuk 'Bersih, Sehat, Aman, Asri, dan Hijau RT-ku' itu dilakukan dalam tenggang waktu tiga hari, pada hari Senin, Rabu, dan Kamis atau 27, 29, dan 30 Maret 2017.
 
Camat asal Parengan itu menuturkan, dengan lomba RT diharapkan masyarakat mampu mengoptimalkan gotong royong memajukan desa. Selain itu masyarakat juga dituntut untuk memanfaatkan lahan pekarangan semaksimal mungkin. 
 
"Dan yang paling urgen keamanan harus ditingkatkan dengan kegiatan Siskamling," imbuhnya.
 
Melalui lomba, pengurus RT akan dinilai langsung ke masing-masing desa oleh tim. Dari hasil lomba diharapkan bisa berkelanjutan untuk tetap menjaga kebersihan, kerukunan, keamanan dan semangat gotong royong.
 
"Semoga desa se-Kecamatan Kenduruan tidak hanya waktu lomba saja menggalakkan kegiatan ini, melainkan bisa berkelanjutan," pungkasnya. [rof/col]