Reses Ketua DPRD, Masyarakat Montong Usulkan Penanganan Banjir

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam kegiatan Serap Aspirasi Masyarakat atau Reses yang dilakukan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban di Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, masyarakat menyuarakan usulannya terkait permasalahan bencana banjir di wilayah setempat yang telah menjadi bencana tahunan.

Seperti halnya yang terjadi beberapa minggu yang lalu, di Jalan Poros Kecamatan Montong menuju Kecamatan Merakurak tepatnya turut Desa Pucangan hingga mengakibatkan akses jalan pun tersendat. Begitu pula jalan poros penghubung antara Desa Montongsekar dengan Desa Tanggulangin yang juga terendam berjam-jam.

Permasalahan kaitanya banjir di Kecamatan Montong itupun diusulkan secara gamblang oleh Kepala Desa setempat dan warga sekitar, agar secepatnya ada penanganan, sehingga tidak ada lagi jalan maupun lahan pertanian yang terendam air.

Kepala Desa Pucangan, Santiko mengatakan, agar hal itu tidak terulang kembali perlu adanya penggalian ke dalaman sungai dan pelebaran sungai, yang mana sungai yang sudah ada ini tidak mampu menampung debit air.

"Sungai tidak memadai, sehingga perlu adanya pelebaran sungai," kata Kades Pucangan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Miyadi mengatakan, terkait usulan tersebut akan dicek dulu ke lapangan kalau penyampaian kepala desa tadi perlu pelebaran sungai, maka akan didiskusikan ulang dan akan memerintahkan dinas terkait untuk mensurvey dulu.

"Apabila itu perlu digali atau dilebarkan akan ditindaklanjuti, namun tindaklanjut ini perlu koordinasi bersama dan prioritas program yang diusulkan," kata Miyadi menanggapi usulan tersebut. [hud/rom]