Butuh Dukungan, RBT Minta Pemdes Peduli
Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Remaja Bumi Tanggir atau yang kerap disebut RBT merupakan sebuah komunitas pemuda Desa Tanggir yang berdiri dari semangat sosial, ekonomi, dan keagamaan. Bahkan, untuk tetap eksis di tengah masyarakat yang mayoritas bermata pencaharian petani, RBT selama ini berdiri secara mandiri dan swadaya.
 
Dijelaskan Ketua RBT, Zainal Arifin, untuk tetap bisa mempersatukan pemuda dan memajukan desa, para anggota berkomitmen menciptakan kegiatan rutin berupa kegiatan sosial, pendidikan keagamaan, wirausaha, dan olahraga.
 
"Kegiatan yang sudah berjalan lancar selama ini olahraga, jimpitan untuk kegiatan sosial, dan event tahunan," beber Zainal panjang lebar, saat ditemui blokTuban.com, Minggu (26/2/2017) di Tanggir.
 
Ia menambahkan, komunitas yang menjadi wadah pemuda kawasan pesantren itu juga memiliki cita-cita untuk mengembangkan ekonomi di desa. Harapannya, para pemuda bangga dengan desanya dan bisa mengurangi angka perantauan.
 
Ditambahkan anggota lain, Lutfi berujar, untuk mengembangkan potensi desa, RBT tentu membutuhkan sokongan dari stakeholders secara moril maupun meteriil. Ia juga memiliki pandangan ketika bersinergi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat, pemuda di desanya akan terakomodir dan perokonomiannya sehat.
 
"Kami sangat membutuhkan sokongan dari Pemdes berupa pemberdayaan pemuda," tegasnya.
 
Masih Lutfi, di dunia olahraga RBT tentu berperan penting untuk menciptakan pola hidup kalangan pemuda sehat bebas dari narkoba. Ironisnya, perhatian Pemdes setempat akan potensi pemuda desa masih dianggap kurang. Sebab, untuk menciptakan sarana dan prasarana olahraga volli mereka patungan.
 
"Semoga ke depan ada yang peduli dengan RBT untuk kemajuan pemuda desa," pungkasnya.[rof/col]