Olahraga Bersama, Media Pemersatu Bangsa
Reporter: Dwi Rahayu
 
blokTuban.com - Puluhan anggota TNI, Polri di wilayah tugas Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban  berolahraga bersama sebagai media pemersatu bangsa bersama masyarakat, Jumat (24/2/2017).
 
Olahraga bersama tersebut dilakukan di halaman Markas Koramil Rengel diawali dengan jalan sehat. Rute yang diambil memanfaatkan sebagian jalan antar provinsi kemudian masuk jalan poros desa dan berakhir di tempat semula.
 
Ada yang unik, sepanjang jalan puluhan peserta turut serta membawa dan membentangkan papan layaknya demonstran. Namun, papan tersebut bertuliskan ajakan untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta kebhinekaan. Selain itu tidak lupa mereka membawa bendera merah putih ukuran kecil.
 
Aktifitas olahraga yang cukup berbeda dari biasanya tersebut agaknya cukup menyedot perhatian pengguna jalan. Selain itu, juga mengundang simpati masyarakat. Hal itu tampak dari beberapa warga yang membagikan air minum dan makanan bagi para peserta ketika melintas jalan poros desa. Atmosfer persatuan dan kesatuan serasa hadir dalam kegiatan sederhana tersebut.
 
Kapolsek Rengel, AKP Musa Bakhtiar mengungkapkan dengan mengusung tema "TNI-Polri Kuat, Negara dan Rakyat Hebat" harapannya dengan tema itu mampu memupuk sinergitas antara TNI, Polri dan masyarakat. Tidak ada tujuan lain, yakni demi tegaknya persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di wilayah Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. 
 
"Ini merupakan bentuk kebersamaan antara TNI Polri serta masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta kebhinekaan," jelas Musa.
 
Senada diungkapkan Danramil Rengel, Kapten Hary yang menurutnya, TNI-Polri merupakan garda terdepan dalam menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.  Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, sudah selayaknya TNI dan Polri bersatu dan menjalin sinergitas bersama dengan masyarakat.
 
"Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap kebersamaan yang selama ini sudah terjalin dengan baik dapat dilanjutkan seterusnya demi menjaga keutuhan NKRI maupun memberikan pelayanan kepada masyarakat,"ujarnya di sela-sela kegiatan.
 
Beberapa lomba dilaksanakan bersamaan dengan semangat peserta. Berbagai macam lomba, di antaranya lomba joget berregu serta lomba memindahkan galon air mineral dengan tali memompa semangat di antara peserta.
 
"Filosofi dari lomba ini adalah kebersamaan diantara kami, dengan kerjasama yang baik tentunya akan membawa keberhasilan," pungkasnya. [dwi/col]