TKA China Paling Banyak Dibanding TKA Lainnya

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Jumlah Tenaga Kerja Ada (TKA) yang bekerja di Kabupaten Tuban tidak sedikit. Setidaknya ada 46 warga negara asing yang menyambung hidup di Tuban.

Dari jumlah tersebut, jumlah tenaga kerja asing asal China paling banyak diantara tiga negara lainnya yaitu Kanada, Jepang dan India.

Sumber yang didapat blokTuban.com dari Bidang Pelatihan, Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan TK) menyebutkan, bahwa TKA asal China berjumlah 40 orang, Jepang 4, India dan Kanada masing-masing berjumlah 1 orang. Data tersebut terhitung per akhir Desember 2016 dan belum ada perubahan hingga kini.

Kabid Pelatihan, Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Abdul Latif mengatakan, memang TKA asal China paling banyak diantara negara lain. Hal itu sudah berlangsung sejak dulu dan tidak banyak perubahan hingga sekarang.

"TKA asal China yang paling banyak dibandingkan lainnya," ujar Latif kepada blokTuban.com, Senin (16/1/2017).

Dia menjelaskan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak atau turut campur lebih mengenai TKA. Sebab, adanya tenaga kerja asing merupakan kebutuhan dari setiap perusahaan yang membutuhkan keahliannya.

"Itu urusan setiap perusahaan ya, dan setiap perusahaan juga mempunyai klasifikasi untuk Tenaga Kerja," pungkasnya. [nok/rom]