Perbaikan Mutu Pendidikan Jadi Fokus Utama Disdikda
Reporter: Dwi Rahayu 
 
blokTuban.com - Perbaikan mutu pendidikan di Tuban kini menjadi fokus utama Dinas Pendidikan Daerah (Disdikda) setelah dilakukan pemisahan. Diketahui sebelumnya Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga berada dalam satu naungan atau disebut Disdikpora. 
 
Kepala Dinas Pendidikan Tuban, Sutrisno, Selasa (3/1/2017) mengataka,n Disdikda harus lebih baik dibanding sebelumnya. Sebab, sekarang ini dinas yang dipimpinnya memiliki satu fokus mengurus masalah pendidikan. Bahkan, tugas Disdikda sedikit ringan lantaran pendidikan tingkat  SLTA sederajat sudah ditangani Pemprov. 
 
"Dinas Pendidikan akan lebih fokus pada masalah pendidikan saja. Sebelumnya, dinas ini juga mengurusi masalah kepemudaan dan olahraga," terang Sutrisno.
 
Mulai tahun 2017, lanjutnya Disdikda akan lebih fokus pada perbaikan pendidikan. Penekanan dilakukan pada proses yang diakuinya tidak perlu muluk-muluk.
 
"Proses untuk meningkatkan mutu pendidikan di antaranya harus melakukan pembenahan mulai dari guru, kurikulum, sarana prasarana, dan manajemennya," ujarnya.
 
Sutrisno berharap tenaga pendidik harus memahami kurikulum dan karakter peserta didik sehingga dalam proses pembelajaran lebih aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan. Sebab menurut hematnya murid sekarang ini yang ditakuti guru, bukan orang tuanya. 
 
"Kami (Dinas Pendidikan, red) akan memberikan pelatihan kepada guru atau bekerjasama dengan stakeholder maupun lembaga-lembaga yang berkaitan dengan dunia pendidikan untuk menghasilkan pendidikan yang bermutu," imbuhnya. [dwi/col]