Memilukan, Janda Satu Anak Tempati Rumah Bekas Kandang

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Masa tua jauh dari bahagia, itulah yang dialami Muntiah (52). Janda satu anak yang tinggal di RT.02/RW.12, Dusun Sumber, Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur itu terpaksa hari-harinya dilalui dengan memilukan.

Menurut keterangan tetangga Muntiah, dirinya baru saja dibuatkan rumah dari bekas kandang kambing dengan ukuran sekitar 3x5 meter pemberian saudaranya beberapa waktu lalu. Sebelumnya, ia tinggal menumpang di rumah orang tuanya di desa tersebut.

Adik ipar janda tua itu ketika dikonfirmasi blokTuban.com mengaku kasihan melihat kakaknya yang tidak mempunyai rumah tinggal, sehingga dengan rumah bekas kandang yang dimiliki, dirinya ingin membantu Muntiah agar memiliki rumah yang digunakan bersama anaknya yang masih duduk di kelas VI SD.

"Senin kemarin (12/12/2016), saya kasih rumah kecil bekas kandang, karena kasihan tidak punya rumah," kata Jarmini (41), adik ipar Muntiah, Rabu (14/12/2016).

Jarmini mengaku, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kakaknya bekerja dengan mendirikan warung yang berada di belakang Puskesmas Jatirogo. Namun, kondisinya sangat memprihatinkan karena harus bekerja sendiri, banting tulang menyekolahkan anak yatim.

"Warga sekitar kasihan, sehingga kemarin gotong royong membantu mendirikan rumah untuk kakak saya," tandasnya.

Muntiah mulai tinggal di Sumber sejak tahun 2011. Sebelumnya ia tinggal bersama suaminya di Magelang, Jawa Tengah. Belum lagi saat ini Muntiah sedang menderita penyakit diabetes.

"Kondisinya sangat rapuh, belanja ke pasar juga saya yang bantu," ungkap saudara lain, Rukmiati.

Ia berharap ada yang mau berpartisipasi kepada seorang janda seperti kakaknya, kata dia, sebentar lagi Muntiah akan menempati rumah barunya yang beralaskan tanah dan dinding seadanya itu. [rof/rom]