SI Salurkan Bantuan 500 juta untuk Korban Gempa Aceh

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Semen Indonesia Group (SI) memberi bantuan Rp500 juta untuk korban gempa di tiga Kabupaten di Aceh, yaitu Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Pidie dan Bireun, Sabtu (10/12/2016).

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Direktur Enjinering dan Proyek Semen Indonesia, Gatot Kustyadji kepada Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi di Meureudu.

Direktur Enjinering dan Proyek Semen Indonesia, Gatot Kustyadji mengatakan, bantuan Rp500 juta tersebut akan digunakan untuk membangun Sarana ibadah dan pelayanan kesehatan. Selain bantuan uang tunai, Semen Indonesia Group juga membantu alat berat, diantaranya satu eskavator dan dua unit dump truk serta unit kendaraan operasional untuk mempercepat proses evakuasi dan pembersihan puing-puing bangunan.

Dikatakan lebih lanjut oleh Gatot Kustyadji, bantuan ini merupakan kepedulian Semen Indonesia Group kepada masyarakat Aceh, Khususnya korban gemba bumi di tiga daerah tersebut, bantuan ini juga bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang digagas Kementerian BUMN. Dimana Semen Indonesia ditunjuk sebagai koordinator perusahaan BUMN untuk menghimpun bantuan yang kemudian diserahkan kepada korban gempa.

"Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan bisa meringankan beban para korban yang sampai saat ini masih berada di lokasi pengungsian. Semen Indonesia juga membuka rumah sakit lapangan untuk bedah tulang dengan melibatkan 3 dokter tulang, 2 dokter anastesi, perawat serta 19 dokter spesialis. Rumah sakit ini dipusatkan di Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya dan Sigli, Kabupaten Pidie. Namun tim juga bergerak ke titi-titik tertentu yang membutuhkan bantuan", ujar Gatot.

Setelah selesai masa tanggap darurat, Semen Indonesia Group akan membantu rekonstruksi dengan memperbaiki rumah korban. "Perusahaan menyiapkan 1.000 ton semen yang ditempatkan di Packing Plant Malahayati, Aceh Besar. Semen Indonesia setiap hari juga akan mensuplai air bersih sebanyak 5.000 liter dengan menggunakan 3 unit kendaraan", jelas Gatot. [pur/rom]

si-aceh-1

*Teks foto Direktur Enjinering dan Proyek Semen Indonesia, Gatot Kustyadji menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi di Meureudu.

si-aceh