Warga Bate Usulkan Program Prioritas Lewat Musrenbangdes

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Warga Desa Bate, Kecamatan Bangilan mengusulkan prioritas program kerja tahunan pada Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Mereka berharap berbagai program kerja yang telah diwacanakan menjadi perhatian serius Pemerintah Desa (Pemdes) beserta Tim Pengelola Kegiatan (TPK) untuk direalisasikan.

Beberapa program kegiatan prioritas desa yang diusulkan oleh warga Desa Bate di antaranya jalan poros masuk hutan sepanjang 250 meter, jalan pertanian, jalan sekolah, taman Posyandu, tembok penahan tanah (TPT) dan tempat sampah umum.

Salah satu warga, Sumarjan mengatakan, jalan poros menuju hutan menurutnya harus menjadi program prioritas. Ia mengangap itu tidak terlalu panjang, dan anggaran di desa diharapkan bisa mencukupi.

"Kita minta dinormalisasi makadam sudah cukup, sebab itu juga jadi akses utama pertanian di wilayah hutan," usul Sumarjan, Senin (26/9/2016).

Warga lain, Kasiman menambahkan, selain infrastruktur jalan maupun yang lain yang tak kalah penting adalah tempat sampah. Ia merasa risih ketika warga setempat membuang sampah di bawah jembatan yang merupakan aliran sungai.

"Secepatnya untuk dibuatkan tempat sampah, jangan sampai limbah itu menumpuk di dekat jembatan," sambungnya.

Usai Musrenbangdes, Kepala Desa Bate, Jumadi saat dikonfirmasi blokTuban.com mengemukakan, warga sangat diimbau untuk tidak kecewa jika usulan mereka tidak terealisasi mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki desa. Dengan kondisi keuangan desa yang terbatas, semoga saja apa yang menjadi prioritas warga di lingkungan Desa Bate menjadi program tepat sasaran.

"Kita kembalikan lagi ke anggaran, jika memang itu cukup pasti dapat terealisasi," jelasnya.

Lanjutnya, semua usulan warga sudah masuk dan yang sesuai acuan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) desa itu nanti yang jadi prioritas. [rof/col]