Sertifikasi Naker Bidang Las Tuban Dibuka Tahun 2017

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Prorgram sertifikasi tenaga kerja di bidang las yang akan diselenggarakan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Tuban akan dibuka pendaftarannya pada awal 2017 mendatang.

Sertifikat yang diakui bagi tenaga kerja tertentu memiliki keuntungan lebih. Kasi Pelatihan dan Produktifitas Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Tuban, Sri Lestari mengatakan, sertifikasi tenaga kerja nantinya bakal dikeluarkan oleh Balai Latihan Kerja Indonesia (BLKI) yang menggandeng Badan Nasional Sertifikasi Profesi disingkat (BNSP).

"Nanti pendaftaran akan diumumkan melalui pihak kecamatan masing-masing dan disiarkan di Radio Khusus Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tuban," kata Lestari kepada blokTuban.com.

Kepemilikan sertifikasi, lanjut Lestari dapt dimanfaatkan para tenaga kerja untuk bekerja di beberapa perusahaan bonafit. Sebab, menurutnya selama ini beberapa perusahaan besar selain membutuhkan tenaga kerja terampil juga membutuhkan pengakuan yang ditunjukkan melalui sertifikasi tenaga kerja.

"Diharapkan nanti calon peserta (calon tenaga kerja bidang las, red) lebih aktif untuk mendaftarkan diri," tandas Lestari.[dwi/col]