Pemdes, Rencanakan Maindu Memiliki Pasar Hasil Bumi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Desa Maindu, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Merupakan wilayah pegunungan yang mampu menghasilkan banyak produk unggulan dari hasil bumi.

Dari banyaknya produk unggulan tersebut merupakan hasil dari pertanian dan perkebunan warga sekitar. Tak pelak setiap hari puluhan tengkulak liar pun tertarik untuk membeli hasil bumi tersebut dan dijualnya diberbagai wilayah.

[Baca juga:  Hasil Panen Sukun di Desa Maindu Melimpah ]

Selain berbagai macam umbi-umbian seperti halnya Singkong, Uwi, dan Ketela Rambat, Desa Maindu juga terdapat berbagai perkebunan. Didukung dengan lahan yang cocok untuk perkebunan ribuan Pohon Sukun, ribuan Pohon Pisang dan puluhan perkebunan Jeruk mampu menghasilkan buah yang mempunyai nilai ekonomis.

Untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar dengan banyaknya potensi yang ada, Kepala Desa (Kades) Maindu Tulip Adi Tahar, berencana untuk mempunyai pasar lelang sendiri, hal itu dikarenakan hingga sampai saat ini hasil bumi di desa tersebut, masih dibeli oleh tengkulak yang harganya sangat murah.

"Setiap hari puluhan tengkulak liar datang ke Desa Maindu" ungkapnya kepada blokTuban.com.

Terpisah Camat Montong Agus Wijaya mengatan Desa Maindu memang memiliki banya potensi hasil bumi, jadi sangat prospek apabila di desa
tersebut terdapat pasar hasil bumi, sehingga petani maupun pekebun langsung bisa melakukan transaksi ditempat tersebut.

"Petani dan pekebun nantinya bisa langsung membawa hasilnya ke pasar, dan tengkulak cukup datang kepasar hasil bumi itu," ujar Camat
Montong.[hud/ito]