Disdikpora Kecamatan Tanggapi Positif TPQ di SD

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kepala UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) di beberapa kecamatan di Kabupaten Tuban, menanggapi positif, terkait program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban yang mencanangkan kurikulum Taman Pendidikan Alquran (TPQ) masuk pada pelajaran formal.

Sebelumnya, Pemkab Tuban pada Kamis (22/9/2016) kemarin, melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) tengah merumuskan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) TPQ dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di jenjang pendidikan formal tingkat Sekolah Dasar (SD).

Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Senori, Rudi Sulopo mengatakan, program itu baru disampaikan ke pengawas PAI dan Kelompok Kerja Guru PAI (KKG PAI). Sedangkan kepala UPTD belum ada laporan dan sosialisasinya.

"Pada dasarnya kami setuju pogram tersebut, untuk memperkuat pemahaman anak terhadap Alquran," jelasnya, Jum'at (23/9/2016).

Namun, dalam pelaksanaannya perlu koordinasi dengan pihak yang terkait, antara Dinas Pendidukan dengan Kemenag di tingkat kabupaten. Tujuannya, agar yang di lapangan (Sekolah Dasar, red) dengan TPQ tidak tumpang tindih kebijakan.

"Pada prinsipnya program yang baik kalau dikoordinasikan dengan baik akan menghasilkan baik pula," tegasnya.

Senada juga diungkapkan Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Singgahan, Saboni. Saat ditemui blokTuban.com di kantornya, Jum'at (23/9/2016) ia menyatakan sepakat dan setuju jika kurikulum TPQ dimasukkan pada mata pelajaran PAI.

"Kami sangat sepakat, bahkan sebelum masuk pembelajaran secara formal kami sudah lebih dulu melakukan itu," papar pria yang juga menjabat ketua UPTD Dikpora Kecamatan Montong itu.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, sebelum pencanangan TPQ pada pelajaran PAI, di Kecamatan Singgahan setiap dua minggu sekali juga sudah ada pendidikan Alquran yang dilaksanakan di mushala kantor UPTD Dikpora Kecamatan Singgahan. Dari setiap SD mengirim siswanya 4 sampai 6 anak dengan didampingi guru dari sekolah masing-masing.

"Kita sudah lebih awal melaksanakan itu, sejak mendapat seruan beberapa bulan lalu dari Kepala UPTD Dikpora Tuban," pungkasnya. [rof/rom]