Waspadai Dua Penyakit Ini Akibat Konsumsi Daging Berlebih

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Peringatan Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban identik dengan menkonsumsi daging sapi ataupun kambing. Maka perlu diperhatikan dua penyakit utama yang kerap kambuh akibat mengkonsumsi daging berlebih.

Dari sisi kesehatan, daging merupakan sumber protein hewani cukup tinggi. Namun, ketika daging dikonsumsi dalam jumlah tidak wajar justru akan menimbulkan penyakit darah tinggi atau hipertensi dan kolesterol.

Dokter E. Widiyanto yang membuka praktek di Jalan Raya Soko tersebut mengatakan efek makan daging sapi sebenarnya tidak seberapa. Tapi mengkonsumsi daging kambing berlebihan akan menimbulkan hipertensi baik yang sudah terjangkit ataupun timbul gejala.

"Dalam daging juga mengandung lemak jenuh yang berakibat kurang baik pada jantung. Selain itu dapat meningktkan kadar kolesterol dalam darah," kata Widiyanto kepada blokTuban.com, Senin (12/9/2016).

Disamping efek negatif makan daging sapi ataupun kambing ternyata memiliki sisi positif di bidang kesehatan. Teruata untuk anak-anak bagus untuk perbaikan gizi dalam masa pertumbuhan.[dwi/ito]

 

Ilustrasi: .net