Goa Suci Palang, Keindahan Alam yang Tersembunyi

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Benar memang kata orang jika Kabupaten Tuban dikenal dengan kota seribu goa. Selain goa-goa yang sudah tersohor juga masih terdapat goa yang belum diketahui oleh masyarakat secara umum. Salah satunya adalah Goa Suci.

Goa yang berada di Kecamatan Palang, tepatnya di Dusun Suci Desa Wangon ini memiliki keindahan yang teramat sangat. Meski ornamen Goa terkesan polos, namun kesan alaminya mampu memikat setiap mata para pengunjung.

Saat kita akan memasuki goa, layaknya wisata alam di desa adat, terdapat sebuah papan larangan yang harus ditaati oleh setiap pengunjung.

Jika mencerna nama Goa Suci, selain sama dengan nama dusun juga memiliki arti yang sangat bagus, arti Suci ialah Bersih dari tindakan atau hal-hal yang bersifat negatif. Tentu pesan dari nama tersebut bertujuan agar setiap pengunjung tidak melakukan hal-hal maksiat atau kegiatan yang bertentangan dengan keyakinan.

Dalam Goa Suci terdapat beberapa ruangan yang dapat dijadikan sebagai media untuk bercanda ria atau berfoto. Dengan kesan alami yang dimilikinya, pastinya Goa Suci mampu menarik hati pengunjung untuk berlama-lama di dalam goa tersebut sambil menikmati keindahan alamnya.

Seorang Pengunjung, Broto mengatakan, Goa Suci memang menawan. Ornamennya yang polos atau alami mampu membuat orang untuk berlama-lama menikmati keindahannya. Terlebih untuk masuk di goa ini juga tidak dikenai biaya masuk.

"Bagus goanya, hanya saja mungkin perlu untuk dipromosikan agar lebih dikenal," ujar pria asal Kecamatan setempat itu.

Sementara itu, pengunjung lain, Icha juga mengatakan hal senada, bahwa Goa Suci memang memiliki keindahan alamiah yang luar biasa. Goa Suci sangat pas jika digunakan untuk mengisi waktu liburan, sambil jalan-jalan di Desa sembari menikmati Keindahan goa.

"Bagus tempatnya, hanya perlu dimaksimalkan saja potensinya," pungkasnya.

Untuk bisa ke tempat ini, jika dari arah Tuban atau Lamongan utara maka titik awal untuk mencapai adalah memulainya dari Pertigaan Ngaglik, Karangagung. Setelah sampai di titik tersebut maka selanjutnya tinggal meneruskan perjalanan hingga sampai di Perempatan Desa Wangon. Begitu sampai di perempatan tersebut, maka ambilah arah ke kanan. Dengan jarak kurang lebih 1 kilometer maka anda akan menemui pertigaan kecil yang mengarah ke Goa Kapur, jika anda sudah memasuki pertigaan tersebut maka teruskanlah perjalanan anda dengan mengikuti jalur yang ada hingga sampai Ke sebuah Papan Goa Suci. Jika sudah sampai di lokasi papan tersebut, maka itu artinya tujuan anda di wisata Goa Suci sudah tiba.

Selamat berakhir pekan dan semoga anda menikmati keindahan Goa Suci yang alami.[nok/col]

goa-3

goa-2

*Teks foto pintu masuk goa Suci Palang