Penjual Butuh 50 Kg Ikan Segar Tiap Hari

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Ikan asap sejauh ini cukup identik dengan panganan khas pantura Tuban. Saban harinya, penjual ikan asap membutuhkan pasokan ikan segar kurang lebih 50 kilogram (Kg) yang terdiri dari berbagai jenis ikan.

Sebagian besar penjual ikan menawarkan dua pilihan. Pembeli dapat membeli ikan dalam keadaan segar atau ikan asap sesuai keinginan dan kebutuhan.

Baca juga [Produksi Ikan Asap, Ini Cara Peroleh Pasokan Ikan]

Salah seorang penjual ikan asap, Yusemi (42), mengaku telah menggeluti usaha menjual ikan sejak beberapa tahun lalu. Penjualan ikan menurutnya tidak melulu stabil. Tidak jarang penjualan ikan terbilang sepi, terutama waktu menjelang kenaikan kelas. Namun berbeda ketika libur hari minggu dan liburan panjang tiba.

"Terkadang bisa mengolah ikan 30 hingga 50 kilo sesuai situasi. Harga kulak ikan juga tidak pasti," kata warga Kelurahan Karangsari, Rt.03/Rw.03 tersebut, Rabu (7/9/2016).

Sementara itu, penjual ikan lainnya Sutiati (46) mengatakan, setiap harinya ia membutuhkan modal sekitar 800 ribu hingga jutaan rupiah untuk membeli ikan segar. Harga ikan sendiri tidak menentu, tergantung kondisi alam atau cuaca dan perolehan nelayan menangkap ikan.

"Untung tidak seberapa, soalnya banyak pesaing. Kalau sudah untung sedikit, pembeli menawar ya dikasihkan," terangnya. [dwi/rom]