Seniman Gembol; Limbah Jati Bisa Jadi Rupiah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Set meja kursi biasanya dibuat dari kayu utuh. Namun satu set meja kursi di rumah milik Sugianto (58) ini dibuat dari limbah akar jati yang biasa disebut gembol. Kerajinan ini bisa dijumpai pada usaha kerajinan di Jalan raya Bulu-Jatirogo, tepatnya Desa Besowo, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Di tempat ini, akar jati yang tidak terpakai dimanfaatkan dan dibentuk sedemikian rupa menjadi set kursi dan meja yang sangat indah. Satu kursi itu ada beberapa lembaran potongan akar jati yang disusun menjadi sedemikian rupa.

Baca juga [Gembol Kayu Jati Tuban Nasibmu Kini]

"Bagian sandaran, alas dan kaki itu bukan dari kayu utuh, melainkan potongan akar jati atau gembol," ujar seniman ukir kelahiran kota Ledre, Bojonegoro itu.

Setelah masing-masing bagian dibentuk, kemudian permukaan kayu dihaluskan dan dibersihkan dengan disemprot air. Untuk mempercantik, biasanya dipoles dengan cat atau vernis. Setelah lengkap, seluruh potongan dirangkai dan disambung dengan paku dan diperkuat lem kayu. Potongan-potongan dirangkai hingga menjadi kursi dan meja yang memiliki nilai rupiah tinggi.

"Ini sisa hasil karya saya, yang sudah kami buat beberapa bulan lalu," imbuhnya.

Masih kata Sugianto, ia berharap semoga secepatnya ada yang terpikat dengan karyanya dan ingin memiliki. Bisnis saat ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, begitu selesai dibuat cepat lakunya. [rof/rom]

gembol-kayu-1_1*Teks foto Gembol jati yang sudah menjadi kursi dan meja serta patung yang mempunyai nilai seni tinggi.