Sektor Industri Urutan Pertama Penggerak Perekonomian Tuban

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Faktor penggerak perekonomian di Kabupaten Tuban memiliki beberapa sektor unggulan. Sektor penggerak ekonomi tersebut yakni sektor industri, pertaninan, perdagangan, hotel dan restoran (PHR).

Informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebut dalam beberapa tahun terakhir, sektor tersebut menduduki tiga teratas penggerak perekonomian. Pada urutan pertama yakni sektor industri, kedua sektor pertanian dan ketiga perdagangan, hotel dan restoran.

Didukung data Litbang blokTuban.com menyebut pada pembentukan Produk Domestik Ragional Bruto (PDRB), sektor industri pengolahan menyumbang 28,39 persen dalam PDRB Kabupaten Tuban.

Sementara itu pada kategori lapangan usaha pertanian yang termasuk juga di dalamnya sektor kehutanan dan perikanan terhadap pembentukan PDRB sebagai penyumbang terbesar kedua setelah sektor industri. Sektor pertaninan pada 2014 peranannya sebesar 20,95 persen.

“Sektor PHR tidak kalah potensial sebagai lokomotif penggerak perekonomian Kabupaten Tuban, dan peranannya yang menempatkan sektor ini sebagai kontributor urutan ketiga terbesar setelah sektor Industri dan Pertanian,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuban, Mustarikah.

Rika, sapaan akrabnya melanjutkan, secara keseluruhan peran sektor PHR pada tahun 2014 mencapai 18,37 persen, dan terus mengalami peningkatan peranan dibanding tahun sebelumnya.

“Pertumbuhan ekonomi saat ini sepenuhnya bertumpu pada sektor PHR, karena sektor utama lainnya masih dalam kondisi pemulihan kinerja,” tuturnya.[dwi/col]