Daerah Pinggiran, Penjualan TV Tabung Masih Dominan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Di wilayah pinggiran kota Tuban, penjualan televisi (TV) jenis tabung rupanya masih dominan. Di daerah tersebut ternyata orang-orang masih banyak yang menggunakan TV pabrikan lama tersebut. Padahal TV LED dan TV LCD yang teknologinya lebih baik itu harganya juga terjangkau.

Menurut salah satu pemilik toko elektronik di wilayah Tuban Selatan, Mulyo Aji (48) menuturkan, rata-rata pembeli yang datang ke tokonya merupakan kalangan petani. Mereka masih asing jika mendengar penawaran merk TV yang baru-baru ini.

"Pembeli di toko kami kebanyakan dari wilayah Bangilan dan Senori, mereka lebih menempatkan pilihannya ke TV yang berlayar cembung tersebut daripada TV layar datar," ujar pria berdarah China itu.

Senada juga diungkapkan, Rukin (66), pemilik toko elektronik yang berada di ruko depan pasar Bangilan. Menurut pria yang sudah puluhan tahun menjalankan bisnis penjualan alat-alat listrik dan elektronik itu menuturkan, keberadaan produk baru berupa TV LED belum mampu memikat masyarakat yang sebagian besar para petani tersebut.

"Langganan kami sejak dulu hingga sekarang kebanyakan para petani, mereka masih terpikat pada TV jenis tabung," tutur Rukin ketika ditemui blokTuban.com di tokonya, Minggu (4/9/2016).

Menurut dia, masih tingginya peminat TV tabung dibanding TV LED, karena mereka cukup kesulitan jika akan memperbaiki saat ada kerusakan. Dari onderdilnya TV LED dirasa masih sulit dan harganya cukup mahal bagi para petani.

"Secara hitung-hitungan, penjualannya 1 banding 20, lebih tinggi TV jenis tabung," pungkasnya.[rof/rom]