Jembatan Ambrol, Warga Patungan Bangun Jembatan Baru

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sudah beberapa bulan jembatan di RT.01/RW.05 Desa Kedungjambangan, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur ambrol, akibat dilalui kendaraan roda 4. Pondasi penyangga jembatan rapuh dan tanah amblas akibat diterjang banjir.

Melihat tidak adanya tanda-tanda perbaikan jembatan dari pemerintah desa, warga setempat melakukan kerja bakti membangun jembatan. "Biaya yang dikeluarkan untuk membangun jembatan tersebut juga hasil patungan," jelas Ketua RT, Suntono.

Jembatan yang dibangun merupakan akses satu-satunya menuju dusun Dukuh dan Jambean. Dana swadaya yang dihimpun mencapai Rp5,1 juta, dan dipakai untuk membangun jembatan beton.

Hal yang sama disampaikan warga lain. "Pembangunan ini inisiatif bersama, setelah jembatan ambruk," jelas Tokoh Masyarakat, Sumastono, kepada blokTuban.com, Minggu (10/7/2016).

Jembatan yang panjangnya sekitar 4,3 meter dan lebar 1,5 meter tersebut, saat ini sudah kembali normal, setelah dikerjakan bersama. Tinggal menunggu kering dan selanjutnya baru bisa dilalui. [rof/rom]