Bendungan Jambon Masih Dalam Studi Kelayakan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Bendungan Jambon yang diproyeksikan akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Tuban hingga saat ini masih dalam studi kelayakan. Bendungan yang direncanakan bisa menampung air hujan agar tidak terjadi banjir di sekitar wilayah Tuban kota hingga Merakurak belum terlihat geliat pembangunan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana mengatakan, hingga sampai saat ini perencanaa pembangunan tanggul jambon masih dalam studi kelayakan.

"Ini sedang kita kaji, sebab tidak mungkin langsung main asal bangun saja. Pembangunannya harus benar-benar dimatangkan," tutur Budi sapaan akrabnya kepada blokTuban.com

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tuban itu lebih lanjut menjelaskan, sambil proses studi juga sudah dilakukan proses pembuangan saluran disekitar area tanggul.

"Sudah ada langkah sementara lah walaupun masih menunggu hasil proses studi kelayakan selesai" jelasnya.

Diketahui Bendungan Jambon akan dibangun di Desa Jadi Kecamatan Semanding, karena merupakan daerah dataran tinggi yang kerap mengirim banjir didaerah dataran rendah, seperti Tuban kota dan Merakurak.[nok/ito]