Butuh Bertahun-Tahun, Inilah Tahapan Merawat Bonsai (bagian 3)

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Melakoni pekerjaan penggali sekaligus merawat dan memperjual belikan bonsai membutuhkan waktu relatif lama. Tidak jarang demi mendapat bentuk bonsai yang diinginkan membutuhkan waktu puluhan tahun.

Adalah salah seorang penggali bonsai, Subek Gandiyono warga asal Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding telaten dalam menjalani pekerjaan yang ia lakoni sejak 1997 tersebut. Setiap harinya ia habiskan bergelut dengan berbagai macam tanaman bonsai miliknya.

Saat bloktuban bertandang di kediaman Yono begitu ia disapa, tampak halaman rumah pria kelahiran 1963 layaknya belantara bonsai. Bermacam jenis, bentuk dan usia bonsai berlomba menemukan arah matahari.

Dalam kesempatan tersebut, Yono membeberkan bagaimana ia merawat bonsai yang ia gali dengan tangannya sendiri. Tidak lupa, ia menggiring blokTuban.com menjelajah koleksi tanaman bonsai yang sebagian dibiarkan hidup liar.

"Saya mendapatkan sebagian bonsai dari menggali di tengah hutan," ujar Yono mengawali kegiatan menjelajah hutan bonsai.

Bonsai yang ia bawa ke rumah, ujar Yono kemudian dibiarkan hidup liar dan tumbuh tinggi. Pada tahapan ini bisa menghabiskan waktu hinggapuluhan tahun untuk mendapat bentuk yang diharapkan.

Dalam tahap meliarkan tanaman bonsai, dilakukan pemotongan dan kemudian dibiarkan hidup liar kembali. Begitu berulang-ulang.

"Setelah itu bonsai dipindah ke dalam pot. Hal ini untuk membentuk ranting dan cabang pada pohon bonsai," kata Yono tidak lupa menunjukkan contoh salah satu tanaman bonsai yang mulai ia masukkan dalam pot.

Membentuk ranting dan cabang tanaman bonsai, Yono membutuhkan piranti penting harus dimiliki pegiat tanaman bonsai, yaitu kawat aluminium. Kawat yang memiliki fungsi sebagai sensor kontrol pompa otomatis tersebut, memliki keunggulan tidak kalah penting yaitu anti karat & mudah dibentuk yang dililitkan pada pangkal batang hingga ujung.

"Butuh tiga hingga empat bulan hingga pemasangan kawat dapat dilepas, atau hingga batang tidal lahu bersulur mengikuti arah kawat," tambah pria yang dulunya bekerja sebagai tukang las tersebut.

Setelahnya, bonsai dibiarkan tumbuh kembali. Sampai tahap ini, tanaman bonsai dilakukan pemotongan atau cutting dan pembentukkan.[dwi/col]