Sering Bermasalah, Kepercayaan Warga Sekitar Perusahaan Kepada Pemkab Rendah

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Kepercayaan masyarakat yang berada di lingkungan perusahaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban sangat lemah. Sebabnya, karena Pemkab dinilai masih belum bisa melakukan advokasi dan pendampingan optimal mengenai permasalahan yang terjadi antara perusahaan dengan warga ring 1.

Hal ini diungkapkan Bupati Tuban, Fathul Huda, beberapa kali selama bulan Ramadan. Dia menilai, kepercayaan terendah ke Pemkab Tuban justru terjadi di warga ring satu. "Saya melihat warga ring satu yang paling tidak percaya dengan pemerintah," kata Huda menjelaskan.

Pria yang sekarang menjabat sebagai Bupati Tuban kedua kalinya itu mengatakan, rendahnya kepercayaan terjadi di hampir semua perusahaan. Baik itu di lingkungan PT Semen Indonesia, PT Holcim, PT Trans Pacific Petrochemical Indotama, Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ), ataupun perusahaan-perusahaan lain yang ada di Tuban.

"Untuk itu saya meminta kepada perusahaan di Tuban agar mengembalikan kepercayaan masyarakat," kata Huda.

Salah satu caranya adalah dengan tetap memperhatikan kesejahteraan masyarakat, menjaga lingkungan, dan juga menghindari permasalahan-permasalahan yang terjadi antara perusahaan dengan warga. "Kalau warga dan perusahaan harmonis, maka kepercayaan dari masyarakat juga akan pulih kembali," tandasnya. [pur/ito]