LMND Bedah Buku 'Tjamkan Pancasila'

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi (LMND) Tuban, membedah buku "Tjamkan Pancasila" sebagai peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2016. Diskusi digelar di Taman Kota, Jalan Pahlawan, Kabupaten Tuban, yang diikuti beberapa elemen mahasiswa dan aktivis dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Tuban.

Aktivis LMND, Mahfud Hariadi, menilai Pancasila yang digagas Soekarno perlu dipahami masyarakat, khususnya pemuda. Pancasila merupakan pondasi dan counter attack dari keberadaan Neoliberalisme yang dinilai mulai menggerogoti Indonesia.

"Karena itulah, kita diskusi sejarah lahir Pancasila, dengan bedah buku Soekarno yang berjudul Tjamkan Pancasila," kata Mahfud, Rabu (1/6/2016).

Hasil diskusi selama beberapa jam itu, kata Mahfud, yakni berusaha memurnikan dan mempelajari Pancasila 1 Juni sebagai pedoman dan falsafah dasar negara. Memasyarakatkan dan menyampaikan kepada masyarakat pentingnya Pancasila.

"Dengan begitu, Pancasila bukan sebagai pilar bangsa, tetapi Pancasila lebih sebagai falsafah dasar negara," kata Mahfud. [pur/rom]