Payang Teri Dogol Dominasi Nelayan di Kecamatan Bancar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Wilayah kecamatan Bancar memang merupakan daerah yang memiliki perairan laut. Maka tak heran jika sebagian masyarakat pesisir pantai menggantungkan nasibnya sebagai nelayan untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Dari pantauan blokTuban.com disepanjang tepian wilayah laut Bancar, tampak perahu nelayan Payang Teri Dogol berjajar mendominasi dibanding dengan perahu nelayan lainnya.

Disampaikan Staff UPTD Perikanan dan Kelautan Kecamatan Bancar, Sudarwito, jumlah nelayan memang didominasi oleh jenis Payang Teri Dogol, jika dibandingkan dengan jenis lain, jenis nelayan ini lebih unggul secara angka.

"Ada sebanyak 390 Nelayan dogol, jumlah yang tidak sedikit tentunya," Kata mantan Staff UPTD Perikanan dan Kelautan Kecamatan Tambakboyo kepada blokTuban.com (Rabu, 1/5/16)

Wito sapaan akrabnya menjelaskan, untuk jenis nelayan lainnya seperti Porse sein ada sebanyak 123 unit, sedangkan untuk Payang gardan ada sebanyak 59 unit, Kemudian Bubu Rajungan sebanyak 47 unit, dan Jaring Beting ada sebanyak 57 unit.

"Nelayan dogol tetap unggul dengan angka yang dimiliki, yang lain masih tergolong menyesuaikan," pungkasnya.

Diketahui, Jika jumlah jenis alat tangkap nelayan ditotal secara keseluruhan, maka hasilnya yang akan didapatkan adalah sebanyak 676 jenis.[nok/ito]