Petani dan Jembatan Kereta Api Sokogrenjeng

Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Di wilayah selatan Kabupaten Tuban, merupakan daerah bekas jalur kereta api Bojonegoro-Rembang. Tak hayal jika banyak bangunan tua peninggalan penjajahan Belanda. Jembatan kereta api misalnya, selain jembatan kurung di Binangun, Singgahan juga ada sebuah jembatan kereta api di Desa Sokogrenjeng, Kecamatan Kenduruan.

Di desa ini, jembatannya masih terlihat kokoh dan orisinil. Baja rel kereta dan kayu sebagai alas relnya juga masih utuh. Tertulis di baja relnya tahun pembuatan 1902.

Jembatan kereta api saat ini menjadi jalur alternatif dari Desa Sokogrenjeng, Kenduruan ke Desa Sidomulyo, Jatirogo. Tempatnya yang berada di area persawahan, para petani pun juga memanfaatkan sebagai akses ke sawah mereka.

Lasmi (37), warga setempat mengatakan, warga masih menjaga keaslian jembatan. Jika rusak warga secara sukarela bersama-sama memperbaikinya. "Kalau ada yang rusak, warga mengganti dengan mengambilkan kayu di makam. Terkadang juga meminta kayu di TPK Sokogrenjeng, " jelasnya kepada blokTuban.com.

Terpisah, Sadiman (45) saat ditemui, membenarkan, para petani juga ikut menjaga agar tetap bisa dilalui ketika mau kesawah. "Sangat bermanfaat sekali bagi petani," pungkasnya.[rof/ito]