Aksi Teatrikal, Anak Yatim Ajak 'Borgol Setan'

 

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Belasan anak yatim di Kabupaten Tuban punya cara unik menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Mereka menggelar aksi teatrikal, pada Rabu (25/5/2016) sore di kawasan Bundaran Patung Letda Soetjipto, Kabupaten Tuban. Aksi unik tersebut bertajuk "Borgol Setanmu, Penjarakan Nafsumu".

Aksi teatrikal dilakukan tiga orang berkostum aneh. Meski direpresentasikan sebagai dandanan setan, tetapi terkesan tidak menakutkan, dan justru cenderung lucu. Tiga orang itu, lantas diborgol dan dipenjara dalam kurungan ayam. Menggambarkan cerita kalau semua setan dipenjara selama bulan suci Ramadan.

Di sela aksi teatrikal, beberapa peserta lain juga membagikan brosur berisi ajakan memuliakan bulan suci Ramadan kepada pengguna jalan. Dari sini lah, masyarakat yang heran dengan maksud aksi teatrikal, baru paham kalau itu merupakan kegiatan menyambut bulan suci Ramadan.

"Kita ingin masyarakat menyambut bukan suci Ramadan dengan suka cita," kata Kepala Cabang Yatim Mandiri Tuban, Salahudin.

Dengan begitu, kata Salahudin, segala hal sebelum Ramadhan harus dipersiapkan. Selain itu Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk mendidik diri agar lebih bisa menahan hawa nafsu, juga melipatgandakan amal kebaikan.

Aksi tersebut cukup menyita perhatian masyarakat. Tak jarang tampak pengguna jalan berhenti sejenak agar bisa melihat. Aksi berjalan lancar dengan bantuan beberapa petugas kepolisian yang ada di lokasi. [pur/col]