Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com  - Umat muslim di Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban menyambut positif dengan adanya Gerakan Nusantara Mengaji  (GNM), yaitu  kegiatan menghatamkan Al qur’an sebanyak 300.000 kali khatam serentak se-Indonesia pada tanggal 7-8 Mei 2016, yang dikenalkan Majelis Tahfidz dan Khataman Alquran (Matan) Indonesia.

GNM ini diinisiasi oleh H Abdul Muhaimin Iskandar, didukung oleh para kiai dan para ulama yang mengabdikan diri dalam pengembangan ilmu Alquran, tafsir dan Ilmu Qiraah.
 
Seperti yang diberitakan sebelumnya, Ketua Dewan pimpinan Anak Cabang (DPAC) PKB Kecamatan Bangilan beserta lapisan Masyarakat Bangilan, Siap menghatamkan Alqur’an dalam acara Nusantara Mengaji, Sabtu Malam (7/5/2016).
 
Menurut M. Zainuddin, ketua DPAC PKB Kecamatan Bangilan, diharapkan GNM dapat dicatat sebagai kegiatan yang dirahmati dan diridai Allah SWT. Selain itu, kata dia, dengan  membaca Alquran juga bisa membuat hati damai dan dipenuhi keberkahan.
 
“Alquran merupakan Do’a yang paling Mujarab dan tidak diragukan lagi Fadilah keutmaannya , dengan mengaji kita semua bisa mendo’akan negara kita, semoga bangsa Indonesia damai dan diberkahi Allah,” terangnya  kepada Reporter blokTuban.com, Rabu (4/5/2016).
 
Mas Jay sapaan akrab M. Zainuddin menambahakan, GNM ini sebagai pengingat bagi umat islam khususnya di Bangilan, agar setiap hari selalu nderes (mengaji  Alqur’an) karena mungkin dengan sibuk menjalankan aktivitas duniawi, kita  jarang bahkan meninggalkan mengaji.
 
“Diharapkan setelah kegiatan serentak menghatamkan Alqur’an pada tanggal 7-8 Mei nanti, bisa mendekatkan masyarakat kepada Alquran dan menerapkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari” pungkas Mas Jay [rof/ito]