Lama Berpolemik, Ini Surat Kesepakatan Parkir Wisata Sunan Bonang

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Polemik parkir wisata antara Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pembecak di Parkir Wisata Sunan Bonang, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, dengan PKL yang ada di kawasan Pantai Boom Tuban sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Polemik bermula, ketika ada pembiaran bus wisata yang masuk di Jalan Yos Sudarso, atau yang lebih dikenal dengan kawasan pantai Boom. Lama-lama jumlah bus yang parkir bertambah banyak, sehingga Parkir Wisata Sunan Bonang di Kelurahan Kebonsari semakin sepi. Baik PKL dan pembecak Parkir Wisata Kebonsari ataupun PKL yang ada di Pantai Boom Tuban sama-sama pernah melakukan demo dan aksi protes.

PKL dan becak wisata Kebonsari menuntut agar kawasan masuk pantai Boom ditutup untuk bus. Sebaliknya, PKL yang ada di kawasan Pantai Boom meminta agar portal bisa tetap dibuka. Tidak hanya untuk Elf, tetapi juga untuk bus pariwisata.

Polemik ini sempat dimediasi beberapa kali. Baik oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban, Polres Tuban, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), ataupun Pemkab Tuban. Terakhir kali, mediasi dilakukan pada 1 Maret 2016, berada di ruang Rapat Gabungan Komisi C DPRD Tuban. Berikut surat hasil mediasi yang ditunjukan PKL dan pembecak parkir wisata Sunan Bonang yang ditunjukkan kepada blokTuban.com:

1. Bus Pariwisata Untuk Hari Senin dan Minggu mulai pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB dilarang masuk di Jalan Yos Sudarso (Pantai Boom) Tuban. Selanjutnya, wajib untuk parkir di Tempat Khusus Parkir Wisata Kebonsari.
2. Jalan Yos Sudarso (Pantai Boom) Tuban dibuka untuk parkir bus pariwisata mulai pukul 18.00 Wib sampai dengan 06.00 Wib. Dengan ketentuan jadwal sebagai berikut:
a. Hari Senin sampai dengan Jumat maksimal tujuh (7) unit
b. Hari Sabtu sampai dengan Minggu maksimal lima belas (15) unit

Wakil Ketua Paguyuban PKL, Tono, menjelaskan kalau di aturan sebenarnya kawasan Jalan Yos Sudarso, atau Pantai Boom Tuban bukan tempat parkir. Karena beberapa kali mediasi, PKL dan pembecak Parkir Wisata Kebonsari mau mengerti dan memberi kelonggaran bus bisa masuk kawasan Pantai Boom Tuban dengan waktu dan jumlah bus yang disepakati bersama.

"Tetapi kenyataannya, kesepakatan dan aturan ini tidak pernah dilakukan. Petugas seperti diam saja melihat parkir bus ada di pantai boom Tuban, sementara tempat parkir khusus wisata ini kosong," kata Wakil Ketua Paguyuban PKL, Tono, kepada blokTuban.com. [pur/col]