Padi Petani Desa Talun, Terserang Penyakit Merah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tanaman padi milik petani yang berada di Desa Talun, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban terserang penyakit merah, sehingga para petani merasa resah.

Pasalnya penyakit merah tersebut menyerang tanaman padi yang baru berusia kurang lebih satu bulan, sehingga ditakutkan nanti tanaman padi tersebut tidak bisa tumbuh dengan maksimal dan mengganggu proses produksi padi.

Salah satu petani Desa Talun, Bolah mengatakan, ia telah melakukan penyemprotan obat anti hama sebagai langkah penanggulangan, namun penyakit merah ini masih menyerang tanaman padi miliknya dan sulit untuk dipulihkan.

"Saat masih berusia sekitar dua minggu saya sudah semprot pakai obat anti hama yang saya beli di toko," ujarnya, Selasa (3/5/2016).

Menurutnya, penyakit merah ini menyerang daun padi lalu menjalar sampai ke batang. Petani berharap penyakit merah pada padi yang masih berusia dini ini ada solusinya.

Karena diketahui penyakit merah sulit untuk diatasi sehingga petani mengkhawatirkan keadaan ini. "Memang untuk penyakit merah ini pengobatanya sulit sehingga pengobatan dengan tradisional yakni menaburkan abu juga dilakukan," tambah Bolah.[hud/col]