Desa Medalem Siap Sambut Lomba Desa

Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Desa Medalem, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, siapkan pemberdayaan masyarakat desa melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi masyarakat, dan swadaya gotong-royong.

Kesiapan ini, dilakukan menjelang lomba desa tingkat kabupaten yang akan segera digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.
 
Informasi yang diterima blokTuban.com, kesiapan desa sendiri sudah mencapai 80 persen. Meliputi kesiapan administrasi, fisik, serta kegiatan penunjang kelembagaan.

"Segala upaya sudah kami lakukan untuk memenuhi indikator-indikator penilaian yang sudah ditentukan tim penilai," kata Kepala Desa Medalem, M. Tobroni (38), kepada blokTuban.com (31/3/2016).
 
Adanya kegiatan lomba desa, menurut Tobroni, mampu memberikan efek positif bagi masyarakat. Menurut Kades muda itu, program seperti ini bisa jadi penggiat kegiatan kelompok pemuda dan kelompok masyarakat.

Efek positif dirasakan juga oleh Kepala Urusan (Kaur) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Desa Medalem, Samingun. Dia mengaku, masyarakat sangat antusias memenuhi kesiapan fisik desa. "Masih ada kerja bakti lagi di tiap-tiap RT dan RW," jelasnya.

Samingun menerangkan, bagi pemerintah desa tidak harus menang mengikuti lomba desa. Tetapi, setidaknya akan ada perubahan beberapa program yang sempat tidak berjalan. Kemudian, seluruh kegiatan yang sudah berjalan untuk mengikuti lomba tingkat desa merupakan standar pengelolaan pemerintah desa ke depan. [rof/rom]