Meningkatkan Toleransi Beragama Melalui RT

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Kabupaten Tuban, melaksanakan seminar forum kerukunan dalam kehidupan umat beragama. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Korpri, Kamis (31/3/2016) pukul 10.00 WIB.

Dalam acara tersebut, hadir sebagai pemateri Kabid Kewaspadaan Kesbangpol Provinsi, Edi Supriyanto, Ketua Kerukunan Antar Umat Beragama (KAU) H. Mundir, Ketua Pimpinan Daerah Muhamadiyah Tuban, Nurul Yakin, perwakilan dari umat kristiani, dan konghuchu.

Kasi Ketahanan seni budaya, kemasyarakatan dan ekonomi Kesbangpol dan Linmas, Chusnul mengatakan, bahwa acara ini dilakukan untuk meningkatkan toleransi antar umat beragama yang ada di Kabupaten Tuban, sebab hal ini menjadi penting karena mengingat belakangan ini banyak sekali ajaran atau faham radikalisme yang telah masuk di Indonesia.

"Dalam seminar ini kita menggandeng Rukun Tetangga (RT) yang ada di Tuban kota," katanya kepada blokTuban.com

Menurutnya, alasan digandengnya RT dalam kegiatan ini, merupakan langkah yang efektif, sebab keberadaan Rukun Tetangga tersebut berada di tengah-tengah masyarakat, jadi sangat berdampak sekali untuk membentengi masyarakat dari ajaran ataupun faham radikalisme tersebut. Nantinya RT juga harus membantu meningkatkan kerukunan antar umat beragama di lingkungannya, agar terjadi keharmonisan antar pemeluk agama.

"Saya berharap manfaat kegiatan ini sangat besar bagi keberlangsungan kerukunan umat beragama, bersama kita wujudkan Tuban yang penuh toleransi," pungkasnya.

Diketahui kegiatan seminar peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan umat beragama ini diikuti peserta sekitar 100 orang. [nok/rom]