Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pasca panen jagung saat ini para petani yang berada di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban mempunyai tanaman kacang tanah, terdapat kurang lebih 7.348,54 Ha lahan tegal dan 75 persen diantaranya ditanami kacang tanah. Hal itu bisa dikatakan apabila petani yang berada di Kecamatan Kerek memiliki produk unggulan selain jagung adalah kacang tanah.

"Kacang tanah di Kecamatan Kerek ini masih mendominasi pola tanam yang kedua para petani setelah tanaman jagung panen," ujar Kepala UPTB-BPKP Purwadi Darmoatmojo kepada blokTuban.com, Rabo (30/3/2016).

Namun selain tanaman kacang tanah, terdapat juga tanaman yang lain seperti kacang hijau, tanaman singkong, tanaman cabai dan tanaman jagung lagi, namun itu hanya beberapa persen.

Purwadi sapaan akrabnya, menambahkan, saat ini tanaman kacang tanah sudah ada yang berumur antara satu minggu sampai dua Minggu, penanaman ini dilakukan pada saat jagung belum panen/dengan cara tumpang sari.

"Cara tumpang sari merupakan cara yang efektif untuk melakukan tanaman bagi lahan tadah hujan, disamping itu setelah melakukan panen jagung, tanaman kacang tersebut sudah tumbuh besar," tambahnya.

Sehingga tanaman kacang tanah tersebut masih mendapatkan air yang cukup dari turunya hujan, namun apabila tidak segera melakukan tanam kacang tanah secara tumpang sari ditakutkan hujan keburu tidak datang/masuk musim kemarau.[hud/ito]