Desa Dermawuharjo Andalkan Buah Pisang Susu

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dermawuharjo merupakan salah satu Desa yang berada di Kecamatan Grabagan yang mempunyai banyak nilai sejarah. Tak hanya itu, desa ini juga mempunyai keunggulan dalam bidang perkebunan. Yakni buah jeruk dan pisang.

Salah satu pemilik kebun pisang Ming (50) mengatakan, hampir semua pekarangan rumah dan pinggir sawah atau ladang milik warga Desa Dermawuharjo khususnya Dusun Dermawuharjo ditanami pisang.

"Karena perawatan pisang sangat mudah, dan memiliki nilai jual yang tidak kalah dengan perkebunan yang lain," ujar bapak berdarah Tionghoa tersebut kepada blokTuban.com, Minggu (20/32016).

Selain itu untuk penjualan hasil panen pisang terutama pisang susu, di desa tersebut tidak mengenal tawar-menawar. Namun yang penting saling cocok. Dalam menjual pisang susu lebih mengandalkan rasa kepercayaan dan kejujuran.

"Setiap kali ada pembeli biasanya pisang yang masih ada di ladang maupun di pekarangan langsung dibawa. Namun setelah dibawa ke pasar pembeli tersebut harus mengatakan yang sejujurnya berapa hasil penjualan pisang tersebut," tambah Ming.[hud/fah]