Diserang Pathek, Cabai Terpaksa Dipanen Dini

 

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Akibat curah hujan tinggi di wilayah Tuban dan sekitarnya menyebabkan cabai membusuk. Cuaca ektrim belakangan ini merusak tanaman cabai rawit milik petani.

Salah seorang petani Desa Prambontergayang, Kecamatan Soko, Tamaji mengatakan cabai yang siap panen saat ini banyak yang membusuk akibat hujan. Tak pelak mengakibatkan petani merugi.

"Petani biasa menyebutnya pathek, yaitu buah cabai yang membusuk. Kebanyakan buah cabai yang siap petik yang membusuk," kata Tamaji.

Untuk menyiasati kebusukan cabai, petani terkpaksa memetik cabai usia muda. Kendati merugi paling tidak masih dapat menikmati hasil panen cabai.

"Kalau tidak dipanen lebih awal bisa-bisa tidak bisa menjual. Terserang pathek sekitar satu bulan ini," kata petani cabai lainnya, Suratmi.

Pathek atau busuknya buah cabai rawit ini terjadi kurang lebih 30 hari ini. Saat sudah membusuk petani mengaku kesusahan untuk mengobati. Pasalnya obat jenis apapun tidak mempan saat sudah menghadapi cuaca ekstrim seperti ini.[dwi/fah]