Atraksi Padamkan Kebakaran Ruang Kantor Pemkab

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-97 yang diselenggerakan Kamis (17/3/16) di halaman kantor Pemkab diisi dengan atraksi pembakaran salah satu ruang di kantor pemerintahan Kabupaten Tuban. Atraksi memadamkan kebakaran itu membuat para pegawai panik saat asap mulai menebar di areal halaman pemkab.

Plt Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiono mengatakan, atraksi pembakaran salah satu ruangan di kantor pemkab ini adalah untuk melatih kinerja atau kualitas petugas pemadam kebakaran agar senantiasa selalu siap jika terjadi bencana kebakaran sewaktu-waktu.

"Seperti yang kita lihat, para petugas pemadam kebakaran telah siap dan mampu memadamkan api yang ada di salah satu ruangan. Ini yang kita harapkan, petugas selalu siaga," kata Joko yang juga memimpin tim regu kebakaran.

Dia menjelaskan, dalam atraksi pembakaran salah satu ruang pemkab ini dia melibatkan sekitar 80 personil dari tim pemadam kebakaran, dan menyediakan mobil pemadam sebanyak delapan tangki yang akan digunakan untuk memadamkan api tersebut.

"Tidak sampai menghabiskan delapan mobil damkar dalam pemadaman ini, karena anggota dari tim damkar kita sudah cukup mengetahui celah-celah dalam memadamkan api," terang joko sambil bercanda.

Dalam atraksi ini juga turut hadir beberapa perusahaan yang ada di Tuban, seperti Semen Indonesia, Holcim, PLTU Tanjung Awar-awar dan beberapa perusahaan lain.[nok/fah]