Ikan Nila, Unggulan BBI Jojogan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Saat ini Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD), Balai Benih Ikan (BBI) Jojogan, yang berada di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban mempunyai benih unggulan, yaitu ikan nila.

Pembibitan di BBI Jojogan, kurang lebih ada empat jenis ikan, sekitar 95 persen hasil dari pembibitan ini adalah ikan nila. Selain nila, juga ada lele, tombro, dan ikan tawes.

Kepala UPTD (Balai Benih Ikan) BBI Jojogan, Jasudi mengatakan, di BBI Jojogan yang berada di Kecamatan Singgahan terdapat kurang lebih 9 kolam, yang saat ini masih dipakai untuk pembenihan ikan, yang sebagian besar adalah ikan nila.

"Di tempat ini ada sembilan kolam, untuk induk nila kurang lebih terdapat 1.600 ekor," ujar Kepala UPTD BBI Jojogan, Jumat (26/2/2016).

Untuk pembeli, lanjut Jasudi, berasal dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban, seperti Parengan, Senori, Bangilan, Montong dan Kecamatan Merakurak.

Selain dari Kabupaten Tuban sendiri, Jasudi menjelaskan, pembeli benih ikan tersebut, juga ada yang dari Jawa Tengah yakni Kabupaten Blora. Di Bumi Wali sebutan Tuban, pembibitan ikan terdapat di dua kecamatan yaitu di Kecamatan Rengel, bertempat di Desa Banjararum dan Jojogan Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan.

"Kebanyakan para pembeli memilih ikan nila untuk dibudidayakan di rumah," pungkas Jasudi. [hud/rom]