Tega...! Janin 7 Bulan dibuang di Laut Tuban

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Mau berbuat tidak mau bertanggung jawab. Ungkapan ini, tampaknya tepat bagi orang tua yang tega membuang bayi di laut Kabupaten Tuban.

Pagi ini, masyarakat yang tengah asyik bermain di pantai untuk menikmati waktu libur, geger dengan penemuan janin bayi. Tepatnya di pantai belakang Tugu Pancasila (dekat rest area) di Kelurahan Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

"Penemuan pertama dari warga sekitar pukul 06.00 pagi," jelas Kapolsek Jenu, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Friehamdeni, kepada blokTuban.com, Senin (8/2/2016).

Janin ini berjenis kelamin laki-laki dan masih lengkap dengan ari-ari. Melihat organ tubuhnya sudah lengkap, janin ini diperkirakan sudah berusia antara 6 sampai 7 bulan. Sebelumnya, janin ini diduga terapung di laut, karena ada sebuah guci dari tanah liat yang ditemukan di sekitar lokasi.

"Janin ini sama sekali tidak rusak, padahal tidak dibungkus apa-apa, kami menduga awalnya janin ini dimasukan ke dalam guci dan dibuang kelaut. Kemudian terapung dan sampai ke pantai ini," terang Friehamdeni.

Saat ini, petugas masih menyelidiki dari arah mana guci ini berasal. Salah satunya, dengan memperkirakan arah angin di laut utara, sebelum janin ini ditemukan. Kemungkinan besar, janin ini dibuang dari tempat lain.

"Janin sekarang akan di visum di rumah sakit, kemudian petugas masih melakukan penyelidikan," tandasnya. [pur/rom]