Petugas Puskesmas Kurang Ramah Hadapi Pasien?

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Petugas pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dinilai masih belum bisa bersikap ramah ketika melayani masyarakat.

Koalisi Perempuan Ronggolawe (KPR) mengaku, seringkali mendapat temuan adanya petugas yang terkesan setengah hati menjalankan tugasnya di lapangan. Terutama, ketika melayani masyarakat pedesaan dengan latar belakang ekonomi kurang mampu.

"Selama ini kesan yang didapat petugas hanya sekadar melakukan pengobatan. Tanpa merasa perlu untuk melakukan interaksi dan komunikasi yang ramah dengan pasien yang datang berobat," jelas Direktur Eksekutif KPR Tuban, Nunuk Fauziyah, Senin (8/2/2016).

Kondisi ini, bisa dijumpai di sebagian besar Puskesmas yang ada di Tuban. Pasien dengan berbagai latar belakang, kerap mengeluhkan sikap petugas yang terkesan cuek, dan bahkan bersikap judes. Suasana seperti ini banyak membuat masyarakat merasa tidak nyaman.

"Puskesmas inikan jujukan pertama kali masyarakat, jadi wajib bagi petugas di lapangan untuk lebih bersikap ramah dan menjalin komunikasi dengan pasien," jelas Nunuk.

Sikap ramah, meskipun sepele, merupakan poin penting untuk melakukan pelayanan publik. Ditunjang dengan komunikasi yang baik, masyarakat akan merasa nyaman dan terlayani dengan baik. [pur/rom]

*Foto ilustrasi insert.net