Di Tuban, Tercatat Ada 74 TKA

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) di Kabupaten Tuban pada Oktober 2015, tercatat ada 74 orang. Dimana keseluruhan TKA tersebut merupakan tanaga ahli pada suatu perusahaan yang ada di bumi wali.

Data yang dihimpun blokTuban.com di lapangan menunjukkan, jumlah TKA laki-laki mendominasi TKA wanita. Dari total 74 TKA, dua diantaranya wanita dan selebihnya laki-laki.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), Nurjanah mengatakan, perusahaan besar di Tuban seperti kilang minyak yang berlokasi di Kecamatan Jenu, memang memasok tenaga ahli yang merupakan TKA untuk keperluan perusahaan.

"Perusahaan yang berbasis investasi padat modal khususnya untuk memenuhi tenaga ahli, sudah barang tentu mendatangkan TKA," kata Nurjanah.

Para TKA sebagian besar dipekerjakan di beberapa perusahaan di Tuban, seperti di jasa konstruksi, IP Semen, Kapur & barang dari semen & kapur, perdagangan besar dan industri pembekuan ikan (cold storage).

Pada jenis usaha jasa konstruksi, jumlah TKA memiliki jumlah terbesar. Terdapat 65 dengan 2 wanita dan 63 laki-laki.

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan, Dinsosnakertrans, Slamet Widodo mengatakan, jumlah tenaga kerja asing yang terdaftar didominasi oleh TKA asal Negara China.

"Karena jasa kosnstruksi didominasi TKA dari China. Dari China ada 63, Jerman ada 1 dan India 1," kata Slamet. [dwi/rom]

*Foto ilustrasi insert www.rmol.co