Program TabunganKu Ajak Pelajar Gemar Menabung

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Salah satu program yang ditawarkan oleh Bank Jatim adalah program TabunganKu. Program ini membawa misi agar kaum pelajar lebih gemar menabung. Dengan sasaran nasabah kecil, diharapkan kesadaran menabung dapat ditumbuhkan sejak dini. Ketika kesadaran menabung sejak dini sudah tumbuh, niscaya akan terbawa hingga nanti ketika dewasa.

Supervisor Operasional Bank Jatim Cabang Pembantu (Capem) Rengel, Prhi Dwi Sinta Rini, mengatakan, selama ini pihaknya sudah mensosialisasikan ke beberapa sekolah menengah yang berada di kawasan Kecamatan Rengel dan sekitarnya terkait program TabunganKu. Dengan sosialisasi diharapkan bisa memperkenalkan dan menjalin kerjasama yang saling menguntungkan antar dua pihak.

“Setoran awal untuk membuka rekening TabunganKu dikenakan biaya Rp20.000, sedangkan setoran berikutnya minimal Rp10.000,” ujar Rini.

TabunganKu ini memang dikhususkan untuk kaum pelajar, lanjut Rini, dalam pembuatannya meski menggunakan nama anak tetap dengan perwalian orang tua.
Untuk saat ini, yang terdata dalam program TabunganKu di kawasan Kecamatan Rengel mecapai sekitar 15.500 nasabah.

Seluruh nasabah merupakan pelajar di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Seperti SMP di Soko, SMP di Plumpang dan SMP di Rengel hingga SMP yang berada di Parengan.

Dalam kerjasama dengan beberapa sekolah, Bank Jatim Capem Rengel mengadakan kesepakatan antara pihak sekolah dan wali murid. “Setelah kesepakatan di dapat, kami (Bank Jatim capem Rengel) baru bisa menandatangani Memorandum of Understanding (MoU),” kata Rini.

Langkah ke depan, Bank Jatim Capim Rengel aktif menggencarkan sosialisasi kepada pelajar melalui sekolah-sekolah. Dengan begitu, juga ikut mensukseskan program pemerintah dalam mengajak masyarakat menabung di bank, terutama anak-anak. [dwi/col]