Persiapan Hari Koperasi Ke-77, KKN IAINU Tuban Gelar Kerja Bakti di Pantai Dermaga

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Ke-77, semangat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Posko 15 Kampus Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban patut diacungi jempol. Kegiatan kerja bakti yang penuh antusias ini dilaksanakan di Pantai Dermaga, Desa Purworejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, pada hari Kamis, (25/07/2024).

Berbagai kegiatan dilakukan, mulai dari membersihkan sampah di tepi pantai, pemasangan bendera merah putih, mendirikan gapura penyambutan, hingga mempersiapkan fasilitas yang akan digunakan. Antusiasme para mahasiswa dan masyarakat sekitar dalam kegiatan kerja bakti ini terlihat sangat tinggi. Mereka saling bahu-membahu membersihkan pantai dengan penuh semangat. Tak jarang, canda dan tawa terdengar di sela-sela kegiatan, membuat suasana kerja bakti menjadi lebih ceria dan menyenangkan.

"Kegiatan ini kami lakukan untuk membantu pihak panitia penyelenggara gelar kreasi dalam mempersiapkan peringatan Hari Koperasi yang ke-77 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat," ujar Said Ansori, Ketua KKN Tematik Posko 15 IAINU Tuban.

Baca juga: Puluhan Mahasiswa Hadiri Seminar Nasional di IAINU Tuban, Prof. Ngainun Naim Tekankan Literasi Digital

Said Ansori berharap banyak masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, jika dilakukan bersama-sama, pekerjaan akan cepat selesai dan dapat menciptakan kebersamaan.

"Kami ingin masyarakat desa Purworejo, terutama pemuda pemudi sekitar, dapat berpartisipasi dalam acara tersebut."

Kepala Desa Purworejo, Muksamiadi, beserta panitia mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa KKN Tematik Posko 15 IAINU Tuban atas bantuannya dalam kerja bakti persiapan acara peringatan Hari Koperasi yang ke-77.

"Kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan kerja bakti ini," tuturnya.

Baca juga: Dekati Kawasan Industri untuk KKN Mahasiswanya, Ini Alasan IAINU Tuban

Sementara itu salah seorang pedagang di lokasi sekitar mengatakan bahwa pihaknya selalu mengutamakan kebersihan. Menurutnya dengan kebersihan itu dapat membuat nyaman para pengunjung wisata pantai.

"Di Pantai Dermaga selalu mengutamakan kebersihan," kata Ibu Lastri, seorang pedagang di Pantai Dermaga.

Diharapkan, dengan tempat yang bersih dan nyaman untuk acara peringatan Hari Koperasi yang bertajuk "Gelar Karya Pemuda", para pengunjung dapat mengikuti pagelaran dengan penuh semangat dan keceriaan.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa KKN Tematik Posko 15 IAINU Tuban, Kepala Desa dan para staff, panitia acara peringatan Hari Koperasi, serta beberapa warga Desa Purworejo.