Tangkapan Laut Tuban Melimpah, Harga Jual Ikan di TPI Palang Menurun

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Sudah sekitar  satu bulan terakhir ini, para nelayan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berada di Desa Palang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban mengeluh lantaran harga dari hasil tangkapan ikannya mengalami penurunan. 

Hal tersebut, salah satunya turut dirasakan oleh salah seorang pengepul ikan setempat, Hisyam. Tak tanggung-tanggung, menurutnya penurunan harga ikan di TPI Palang saat ini hingga 50 persen. 

"Harganya ikan ini mbak turun drastis sampai 50 persen penurunannya," ujarnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lokasi, Rabu (13/12/2023). 

Adapun jenis ikan yang mengalami penurunan harga, lanjutnya, yaitu hampir disemua jenis ikan. Seperti halnya ikan Kuningan yang semula dijual dengan harga Rp20 ribu kini turun menjadi Rp10 ribu per kilogramnya. 

Sementara jenis ikan pari yang awalnya satu kilogramnya dibandrol dengan harga Rp21 ribu, saat ini dijual dengan harga Rp17 ribu saja. 

"Rata-rata turun semua mbak, seperti ikan Kuningan ini biasanya harga Rp20 ribu sekarang turun jadi Rp10 ribu satu kilogramnya," jelasnya. 

Menurutnya, penurunan harga ikan di TPI Palang ini disinyalir lantaran imbas dari peperangan antara Ukraina dan Rusia, sehingga ekspor ikan menjadi terhambat. Akibatnya, persediaan ikan dari nelayan menjadi menumpuk dan berpengaruh terhadap harga. 

"Kemungkinan karena dampak dari perang Ukraina dan Rusia, jadi ikannya menumpuk," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

   

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS