Gencarkan Gemarikan, Puluhan Nelayan di Palang Tuban dapat Bantuan Pangan Sehat

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Sebanyak 80 Nelayan yang berada di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban mendapat bantuan pangan sehat, yang berasal dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur (Jatim) bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jatim. 

Anggota DPRD Provinsi Jatim, Nur Aziz mengatakan jika kegiatan yang dilakukan di Cafe Pesona Sunset tersebut merupakan sinergitas yang dilakukan bersama DKP Jatim, dalam rangka penyediaan pangan sehat. 

"Penyediaan pangan sehat yaitu  gerakan gemar makan ikan (gemarikan), dalam rangka untuk meningkatkan gizi masyarakat dan menekan angka stunting," katanya kepada sejumlah awak media, Selasa (28/11/2023). 

Menurutnya, program penyediaan pangan sehat ini dilakukan oleh pihaknya secara rutin setiap tahunnya. Selain meningkatkan gizi masyarakat, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan ekonomi para nelayan. 

baca juga:

Wayah Barat, Hasil Tangkapan Nelayan di TPI Palang Tuban Cenderung Menurun

Pasalnya, ikan ataupun olahan ikan yang dibagikan tersebut, juga berasal dan dibeli dari hasil tangkapan para nelayan. 

"Kegiatan ini juga dalam rangka untuk meningkatkan ekonomi para nelayan, karena kami beli ikan dan kerupuk-kerupuknya dari nelayan, sehingga ada peningkatan di bidang ekonomi dan konsumsi masyarakat juga meningkatkan," jelasnya. 

Dengan adanya kegiatan ini, maka Aziz sapaan akrabnya berharap agar masyarakat rajin mengonsumsi makan ikan, sehingga hasil tangkapan ikan yang diperoleh nelayan,  sebagian dapat dikonsumsi pribadi. 

Senada, Bidang Analisis Pasar DKP Jatim, Abd Rozak mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan gizi masyarakat, dalam hal penting potensi ikan. 

baca juga:

Sedekah Laut di Pantai Klero Gesikharjo Tuban

"Kalau kita lihat Tuban ini kan menjadi salah satu daerah dengan potensi ikannya yang cenderung besar. Namun, angka Stunting nya masih cenderung tinggi yaitu berada diurutan ke-8 se Jawa Timur," bebernya. 

Oleh karena itu, permasalahan tingginya angka stunting tersebut harus segera diselesaikan, salah satunya melalui peningkatan potensi ikan. Sebab, meskipun berada di daerah pesisir belum tentu membuat konsumsi masyarakat pada ikan menjadi tinggi. 

Masih rendahnya daya konsumsi masyarakat terhadap ikan sendiri, disinyalir disebabkan lantaran masih banyak yang memilih menjual seluruh ikan hasil tangkapannya, daripada mengonsumsinya. 

"Sehingga itu yang perlu kamu stimulus, dengan pemberian produk-produk peikanan dan ikan segar, agar peningkatan fungsi ikan di lingkungan pesisir bisa di tingkatkan," ucapnya. 

Sementara salah satu perwakilan nelayan sekaligus Kepala Desa (Kades) Glodog Sudjianto, mengucapkan terimakasih karena telah menyelenggarakan kegiatan ini untuk para nelayan. Sehingga ia berharap, kegiatan ini dapat terus dilaksanakan kembali, agar perekonomian masyarakat semakin meningkat.[Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS