Jadi Tuan Rumah Liga 3, Persibo Gencarkan Uji Coba, Stadion Bojonegoro Diverifikasi

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Liga 3 Jatim 2023 rencananya akan bergulir pada 5 Desember mendatang. Persibo Bojonegoro ditunjuk sebagai tuan rumah Grup N yang diisi Persibo bersama Persatu Tuban, Madiun Putra dan Inter Pemuda Kediri, Senin (20/11/2023). 

Sebagai tuan rumah, Persibo Bojonegoro nampaknya tak ingin mengecewakan pendukungnya. Laga uji coba sudah mulai dilakukan, salah satunya melawan tim lokal Bakat Muda dengan skor akhir 8-0 untuk Persibo.

Penyumbang goal terbanyak dalam laga persahabatan itu, yakni Diego Banowo. Pemain senior yang pernah membela Persita, PSIM Yogyakarta, dan PSMS Medan ini, berhasil mencetak hattrick.

Dalam laga uji coba yang digelar pada Jum'at (17/11) pagi di Stadion Letjen Soedirman ini, sejak peluit pertama klub berjuluk Laskar Angling Dharma itu terus melakukan serangan terhadap tim Bakat Muda.

Serangan bertubi-tubi terus dilakukan klub kebanggaan warga Bojonegoro itu, hingga peluit panjang ditiup tanda usai pertandingan, skor tidak berubah dari 8-0.

Adapun, pencipta goal pada laga kali ini, yakni Diego Banowo tiga goal, Faizul dua goal, Bagi Nugroho satu goal, Taufiq satu goal, dan satu goal lagi dicetak oleh Fatah Aji.

Asisten Pelatih Persibo Bojonegoro, Bijahil Chalwa mengungkapkan, selama dua minggu berlatih di Kota Migas (sebutan lain Bojonegoro). Tim gabungan dari pemain senior yang dikombinasikan dengan pemain lokal telah menampakkan peningkatan.

“Alhamdulillah tim menunjukan progres peningkatan selama persiapan 2 minggu ini.Terutama dari fisik dan kekompakan tim sudah mulai padu satu sama lain,” ungkap mantan Striker Persibo pada Liga 3 Jatim 2021 itu.

Asisten Pelatih asli Kabupaten Bojonegoro itu mengaku, hampir semua lini telah terisi dengan perpaduan pemain lokal dan sejumlah pemain senior.

Selain itu, dalam memantapkan performa pemain, pelatih akan melakukan uji coba dengan dua klub yang setara di Liga 3. Namun, untuk jadwal dan tempat masih dikoordinasikan jajaran pelatih.

Selain uji coba, saat ini stadion Letjen Soedirman, Bojonegoro juga sedang diverifikasi kelayakannya oleh Asprov PSSI Jatim. 

"Sebelum bergulirnya pertandingan segala kesiapan mulai dipersiapkan," ungkap Sekretaris Asprov PSSI Jatim, Joko Tetuko, Kamis (16/11).

Menurut wartawan senior di Kota Surabaya itu, Asprov PSSI Jatim akan melakukan verifikasi stadion hingga kondisinya sesuai dengan standar PSSI dan Peraturan Polisi (Perpol) nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

"Jadi diverifikasi sesuai dengan formulir yang sudah disediakan dan disesuaikan dengan asesmen Perpol. Kapan pelaksanaannya ini menunggu hasil Workshop Panpel," terang Joko.

Beberapa verifikasi stadion yang akan dilakukan diantaranya menyangkut lapangan stadion utama, beserta kelengkapan gawang, garis lapangan, dan bangku cadangan standar. Kemudian, tempat atau ruang ganti pemain dengan standar PSSI yang dilengkapi toilet dan lain-lain.

"Tempat atau ruang ganti wasit dengan standar PSSI. Pintu masuk dan keluar penonton, keamanan standar PSSI, dan masih banyak termasuk lokasi tempat parkir, koordinasi zona 1 (stadion) dengan luar stadion," pungkasnya. 

Berbagai persiapan telah dilakukan manajemen baru Persibo dibawa kendali CEO Eko Setiawan. Diantaranya melengkapi susunan pemain dengan menyeleksi pemain lokal dan mendatangkan pemain baru dari luar.

Di Group N, Persibo dibawah asuhan Adnan Mahing akan berhadapan dengan Persatu Tuban, Madiun Putra dan Inter Pemuda Kediri.

Di registrasi panitia tingkat Jawa Timur, peserta liga 3 ada 55 klub yang sudah terbagi dalam banyak group. Group N kembali mempertemukan Persibo Bojonegoro dengan Persatu Tuban. [Ali/Dwi]