Manfaat Kulit Bawang Merah yang Kadang Terbuang Sia-sia

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bawang merah adalah salah satu bumbu yang hampir dipastikan ada di setiap dapur orang Indonesia. Hanya saja terkadang belum banyak yang mengetahui manfaat kulit bawang merah.

Nyatanya selain bermanfaa bagian dalamnya, ternyata kiuliat bagian terlluar dari bawang merah atau bawang bombay seringkali dibuang oleh banyak orang saat memasak.

Bebrapa manfaat dari kulit bawang merah yakni:

1. Pewarna Alami

Kulit bawang merah dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan. Anda dapat memanfaatkannya untuk memberikan warna merah atau oranye pada berbagai hidangan, seperti sup, saus, dan makanan penutup.

2. Pemanis Alami

Kulit bawang merah juga bisa digunakan sebagai pemanis alami dalam masakan. Ini bisa berguna untuk mengurangi penggunaan gula tambahan dalam beberapa resep.

3. Rasa Tambahan

Kulit bawang merah memiliki sedikit rasa bawang dan dapat digunakan untuk memberikan sentuhan tambahan pada hidangan. Misalnya, Anda bisa memasukkan beberapa kulit bawang merah dalam kuah atau saus untuk memberikan rasa bawang yang lembut.

4. Pengharum

Kulit bawang merah memiliki aroma yang khas dan bisa digunakan sebagai pengharum alami dalam masakan. Anda bisa menambahkannya ke dalam sup atau rebusan daging untuk memberikan aroma yang lezat.

5. Penyubur tanaman

Kulit bawang merah bisa diolah sebagai pupuk organik yang kaya akan kalium. Tak hanya itu, pupuk kulit bawang merah ini juga akan kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, dan tembaga.

Menggunakannya akan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit, pertumbuhan, serta batang yang menjadi kuat. Cara pengaplikasiannya yakni seperti:

- Ambil 2-3 genggam atau semangkuk kulit bawang.

- Rendam dalam 1 liter air selama 24 jam.

- Air akan berwarna dan kental, saring dalam toples.

- Siap digunakan sebagai pupuk organik.

- Lakukan pergantian pupuk sebanyak 3-4 kali dalam sebulan.

6. Bumbu dapur 

Kulit bawang merah bisa berguna dalam keperluan dapur seperti membuat kaldu atau stok, terutama jika Anda mengumpulkan banyak kulit bawang merah dari beberapa bawang yang Anda gunakan.

7. Obat alternatif

Kulit bawang merah juga dapat digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai tujuan, meskipun manfaat kesehatan ini mungkin tidak terbukti ilmiah. Beberapa orang percaya bahwa kulit bawang merah memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi.

Meskipun kulit bawang merah memiliki beberapa manfaat potensial, selalu pastikan untuk mencucinya secara gründ sebelum menggunakannya dalam masakan, terutama jika Anda tidak yakin tentang sumber dan kondisi higienisnya. Selain itu, manfaat kulit bawang merah lebih sering ditemukan dalam penggunaan tradisional atau kuliner, dan bukan dalam konteks medis yang terbukti secara ilmiah.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS