Terasi Tuban Cocok Buat Oleh-oleh Saat Liburan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Terasi menjadi bumbu penyedap utama berbagai masakan di Indonesia. Salah satu menu penting yang menggunakan terasi sebagai penyedap utama yaitu sambal terasi, Minggu (1/10/2023).

Jenis ikan yang biasa digunakan yaitu ikan asin berukuran kecil-kecil, sementara untuk udang biasa digunakan udang rebon. Pasta ikan atau udang tersebut kemudian difermentasi selama beberapa minggu hingga terbentuk aroma khas yang diinginkan.

Aroma kuat yang menusuk hidung namun rasanya melekat di lidah merupakan ciri khas terasi. Bagi pecinta terasi tentu saja aroma ini dianggap aroma wangi yang menyenangkan dan menggugah selera. Kombinasi dari garam dan degaradasi dari mikrobia sangat berpengaruh terhadap pembentukan aroma terasi.

Selain itu, kandungan lemak dan karbohidrat yang terdapat dalam bahan baku juga berpengaruh terhadap aroma dan rasa terasi. Banyak daerah di Indonesia menghasilkan terasi, salah satunya Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Nah, terasi saat ini tak sekedar sebagai penyedap masakan namun sudah menjadi kebutuhan para wisatawan Tuban. Saat mereka liburan, terasi kerap menjadi pilihan oleh-oleh khas Tuban.

blokTuban.com telah merangkum tempat oleh-oleh di Tuban yang menjual terasi:

1. Pusat Oleh-oleh Kampung Pesisir

Pusat oleh-oleh kampung pesisir terletak di Jl. Raya Dandeles No.93, Desa Karangagung, Kecamatan Palang Kabupaten Tuban di lokasi ini terdapat berbagai macam produk-produk khas Kabupaten Tuban, dan kurang lebih terdapat 300-an produk yang dijajakan, dari berbagai macam olahan laut yang ada di Kabupaten Tuban.

“Salah satu produk unggulan kita dan mungkin hanya bisa ditemui di Tuban yaitu salah satunya petis dari ikan  selain petis juga ada terasi yang rasanya enak dan berbeda dari terasi-terasi yang ada di kota-kota lain,” ujar Ali Mansyur pengelola pusat oleh-oleh kampung pesisir.

Harga yang diawarkan di pusat oleh-oleh Karang Agung sendiri relatif ramah di kantong. Untuk olahan makanan di gerai ini mulai dari harga Rp10.000 dapat 3 sampai Rp. 30.000 ribu ada di sini.

2. Toko Asih

Toko yang berdiri sejak 1975 ini berada di jalur pantura tepatnya di JL RE. Martadinata No.13, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Wiwid (47 tahun) selaku karyawan toko Asih mengaku telah menjadi karyawan selama 21 tahun terhitung sejak tahun 2002. Sedangkan untuk jam operasionalnya toko Asih buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WIB, Sabtu (4/3/2023).

Banyaknya oleh-oleh khas Tuban terkadang membuat wisatawan kebingungan untuk membeli oleh-oleh. Tuban menjadi salah satu kota yang memiliki olahan terasi yang sangat populer. Biasanya produk ini dijual dalam bentuk kotak yang dimasukkan ke dalam sebuah plastik tertutup rapat.

Produk satu ini dapat kalian dapatkan di toko Asih. Adapun terasi pada toko ini juga beraneka ragam tergantung kualitas terasi mulai dari yang paling enak tingkat 1 sampai tingkat 4 dengan ukuran masing-masing 250 gram. Tingkat 1 dengan harga Rp21 ribu, tingkat 2 dengan harga Rp18 ribu, tingkat 3 dengan harga Rp11 ribu, dan yang terakhir tingkat 4 dengan harga Rp8 ribu.

3. Toko Ana

Toko yang berada di Jalan RE Martadinata ini, juga melayani pesanan oleh-oleh via online, adapaun jajanan yang disediakan mulai dari Trasi Rp15.000 sampai Rp20.000 untuk seperempatnya, segalam macam krupuk mulai dari Rp10.000, Teri Rp 20.000 dan Ikan Asin Rp10.000 sampai Rp30.000.

Toko ini berada di Jalan Nasional Pantura mulai buka pukul 07.00 Wib dan tutup pukul 21.00 Wib. Lokasinya dekat dengan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban. [Ali/Dwi]